Hasriani, Hasriani (2020) Pendekatan Discovery Learning dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 3 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.1100.099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Discovery learning merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis. Sehingga peserta didik dapat menemukan sendiri pengetahuannya, sikap, dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana pendekatan discovery learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 3 Pinrang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, PTK dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan langkah-langkah yang dirangkum dalam bentuk siklus, tingkatan atau daur yang memungkinkan terjadinya kerja kelompok maupun kerja mandiri secara intensif. tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Setiap aksi kemungkinan terdiri dari beberapa langkah, yang teralisasi dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pendekatan discovery learning dan keaktifan belajar peserta didik di Kelas X SMA Negeri 3 Pinrang serta untuk mengetahui bagaimana pendekatan discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA 1 yang berjumlah 33 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dar persentase keaktifan peserta didik pada siklus I pertemuan pertama hanya 64,8%, sedangkan pada pertemuan kedua 73,6%. Dan pada siklus II pertemuan pertama 82,1% dan pada pertemuan kedua meningkat sampai 90,0%. Dengan demikian ,dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pendekatan discovery learning dapatmeningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 3 Pinrang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, keaktifan, peserta didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 00:16 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 00:16 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1746 |
Actions (login required)
View Item |