Ladda, Yuliana (2019) Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 5 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran audio visual adalah merupakan media perantara atau penggunaan materi dan penyerapanya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampian, atau sikap. Dengan penerapan penggunaan media pembelajaran audio visual yang baik dan efektif, pesan atau ilmu yang disampaikan kepada peserta didik dapat diterima dengan baik utamanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Asosiatif Kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 79 peserta didik dari 99 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus korelasi produk moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecenderungan variabel penggunaan media pembelajaran audio visual berada pada kategori baik yaitu sebanyak 74 peserta didik (93,7%) dari jumlah sampel sebanyak 79 peserta didik. (2) hasil belajar peserta didik cenderung pada kategori baik yaitu sebanyak 47 peserta didik (59,5%) dari jumlah sampel yang berjumlah 79 peserta didik. (3) Terdapat hubungan yang signifikansi penggunaan media pembelajaran audio visual dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nilai signifikansi rhitung=0,749. Besarnya hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 74,9% dalam artian bahwa 25,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar PAI Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2020 00:16
Last Modified: 23 Sep 2020 00:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item