Megawati, Megawati (2020) Persaingan Harga di Pasar Teppo Kab.Pinrang (Analisis Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2200.041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persaingan merupakan organisasi atau perorangan berlomba untuk mencapai tujuan yang diinginkan, seperti adanya persaingan harga yang terjadi di pasar Teppo Kab. Pinrang, para pedagang bersaing untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya agar lebih diminati oleh konsumen, serta bersaing dalam memainkan harga suatu barang sehingga antar sesama pedagang terjadi adanya persaingan yaitu persaingan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk persaingan dan perilaku pedagang di pasar Teppo Kab. Pinrang menurut etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mekanisme penetapan harga di pasar Teppo Kab. Pinrang berdasarkan pada harga jual dan minat pembeli/konsumen, dimana pedagang akan menetapkan harga diatas harga normal yang diberikan oleh toko distributor dan kemudian pedagang akan menjual dengan mengambil keuntungan diatas harga modal tersebut. Adapun aspek-aspek yang diperhatikan dalam persaingan harga yaitu jenis produk, kualitas, dan penetapan harga. 2) Persaingan harga di pasar Teppo Kab. Pinrang menurut etika bisnis Islam prinsip yang telah diterapkan pedagang yaitu prinsip kesatuan (Utility), kebenaran, kehendak bebas (Free Will), tanggung jawab(Responsibility) dan juga prinsip kejujuran. Sedangkan prinsip etika bisnis Islam yang belum diterapkan oleh beberapa pedagang yaitu prinsip kebenaran dan keseimbangan (Equilibrium).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persaingan Harga, Analisis, Etika Bisnis Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 21 Sep 2020 00:21
Last Modified: 21 Sep 2020 00:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item