Ridwan, Muh. (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 302 Bone Kec. Lembang Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas peserta didik dalam memecahkan masalah. Akibatnya peserta didik menjadi fakum, acuh terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di sekitanya sehingga, mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran problem solving pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 302 Bone Kec. Lembang Kab. Pinrang? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode pembelajaran problem solving di SD Negeri 302 Bone Kec. Lembang Kab. Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran problem solving di SD Negeri 302 Bone Kec. Lembang Kab. Pinrang. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 302 Bone Kec. Lembang Kab. Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi, menerapkan metode problem solving di Kelas V SD Negeri 302 Bone Kec. Lembang Kab. Pinrang. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumen dan tes dengan instrumen penelitian observasi dan tes. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dalam penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada pada setiap siklus dengan rincian sebagai berikut: 1) Siklus I dengan nilai rata-rata 6,8. 2) Siklus II dengan nilai rata-rata 7,5. 3) Siklus III dengan nilai rata-rata 8,1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 15 Sep 2020 00:23
Last Modified: 15 Sep 2020 00:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item