Strategi PT. Pos cabang Parepare Menghadapi Persaingan Jasa Kiriman (Analisis Manajemen Syariah)

Jayati, Retno Dwi (2020) Strategi PT. Pos cabang Parepare Menghadapi Persaingan Jasa Kiriman (Analisis Manajemen Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15.2200.157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi PT. Pos cabang Parepare Menghadapi Persaingan Usaha Jasa Kiriman. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh PT. Pos cabang Parepare mulai dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi yang kemudian di analisis kedalam manajemen syariah. Dengan strategi yang diterapkan tersebut perusahaan diharapkan dapat menunjukkan kualitas yang baik dan hal ini merupakan cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data Field Research (penelitian lapangan) yang diperoleh melalui data-data yang bersifat primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan akan dianalisis dengan cara mereduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Strategi yang digunakan oleh PT. Pos cabang Parepare dalam menghadapi persaingan usaha jasa kiriman yaitu yang pertama menggunakan strategi pemasaran modern dimana pemasaran ini memanfaatkan media sosial dan perkembangan teknologi, kedua membuka akses . 2). Implementasi strategi tersebut yaitu melakukan eksposisi (perluasan) atau biasa disebut agen pos, menyewakan pelataran kantor untuk memperkenalkan kantor Pos kepada masyarakat luas, strategi tersebut telah diterapkan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya konsumen yang tetap setia untuk menggunakan jasa kantor pos meskipun banyaknya pesaing yang ada saat ini. 3). PT. Pos cabang Parepare telah melaksanakan evaluasi strategi untuk mengukur sejauh mana hasil yang telah dicapai dan telah sesuai dengan prinsip manajemen syariah yaitu keadilan, amanah, dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi PT. Pos cabang Parepare Menghadapi Persaingan Usaha Jasa Kiriman
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Aug 2020 00:11
Last Modified: 10 Aug 2020 00:12
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item