Hudayah, Nur (2020) Strategi Komunikasi BAZNAS Kabupaten Pinrang dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Berzakat di Lembaga Zakat. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
16.0231.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang strategi komunikasi BAZNAS Kabupaten Pinrang dalam meningkatkan kesadaran masyarakat berzakat di lembaga zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi BAZNAS Kabupaten Pinrang dalam meningkatkan kesadaran masyarakat berzakat di lembaga zakat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan (Library Research) adalah menelaah, mengkaji dan mempelajari berbagai literature (referensi) yang erat kaitannya dengan masalah yang akan dibahas, dan penelitian lapangan (Field Research), penulis langsung ke lapangan atau dilakukan di sekolah dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, guna memperoleh data yang jelas dan representatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Bahwa pemahaman masyarakat Islam di Kabupaten Pinrang, pada umumnya saat ini belum memahami makna zakat secara utuh, di mana zakat hanya sekedar mengetahui bahkan ada yang hitutugan zakat mereka dengan menduga-duga saja, tentu hal ini menjadi masalah buat mereka, ibadah zakat berfungsi sebagai ibadah sosial yang dapat memberikan keseimbangan dan kesejahteraan serta keadilan ekonomi bagi umat Islam, khususnya mereka yang tergolong miskin. Jika zakat yang menjadi potensi ekonomi umat Islam dapat dimanfaatkan, tentu umat Islam yang tergolong miskin dapat diberdayakan. (2) Strategi komunikasi dalam upaya-upaya yang harus dilakukan agar pemahaman masyarakat terhadap kewajiban zakat bisa tercapai melalui pelaksanaan pada pembinaan para muzakkih dan mustahiq tentu adanya kerjasama yang baik antara semua pihak yang terkait yaitu masyarakat itu sendiri, UPZ yang ada di setiap desa dan kelurahan, aparat desa dan kelurahan, para alim ulama, dan tidak terkecuali para penyuluh agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Zakat, BAZNAS
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Aug 2020 00:10
Last Modified: 07 Aug 2020 00:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item View Item