Pratiwi, Dina (2020) Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Kualitas Layanan Agen BRILink Terhadap Minat Menabung Nasabah BRI Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.2300.172.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi nasabah tentang kualitas layanan yang diberikan Agen BRILink terhadap minat menabung nasabah BRI Kota Parepare khususnya di Kecamatan Bacukiki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu teknik uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji korelasi, uji regresi sederhana dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nasabah tentang kualitas layanan agen BRILink diperoleh 79,5% menunjukkan bahwa persepsi nasabah berada pada klasifikasi baik. Minat menabung nasabah di bank BRI Kota Parepare khususnya Kecamatan Bacukiki diperoleh 75% menunjukkan bahwa minat menabung nasabah berada pada kategori sedang. Dari hasil pengujian person product moment menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0.05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi nasabah tentang kualitas layanan agen BRILink dengan minat menabung nasabah di Kota Parepare. Dibuktikan dengan r hitung yang menunjukkan bahwa persepsi nasabah tentang kualitas layanan agen BRILink sebesar 0.496 memiliki tingkat hubungan sedang dengan minat menabung nasabah di Kota Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara persepsi nasabah tentang kualitas layanan agen BRILink dengan minat menabung, dibuktikan dengan hasil persamaan regresi: Y = 8.050 + 0.314 X. Di mana penambahasan 1% nilai (Trust) maka nilai minat menabung bertambah sebesar 0.314. Dari hasil tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,246 yang berarti bahwa pengaruh persepsi nasabah tentang kualitas layanan agen BRILink terhadap minat menabung sebesar 24,6% yang dimana 76,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, BRILink, Kota Parepare
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 Aug 2020 00:18
Last Modified: 06 Aug 2020 00:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item