Haba, Haba (2019) Implementasi Problem Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pesantren Mazraatul Akhira Kabupaten Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
16.0211.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang implementasi metode Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pesantren Mazraatul Akhira Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PBL, integrasinya dengan media berbasis teknologi informasi, serta dampak implementasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pesantren Mazraatul Akhira. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan wawancara di mana peneliti berperan sebagai instrumen kunci, sebagai perancang, pelaksana, dan pelapor hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pesantren Mazraatul Akhira telah menerapkan metode PBL berdasarkan langkah-langkah PBL yang dipadukan dengan penggunaan media berbasis teknologi informasi seperti video dan internet. Implementasi PBL berdampak terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik, menjadikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih kontekstual, menyenangkan, dan mengarah pada pembelajaran bermakna. Penelitian ini memperkaya hasil-hasil penelitian sebelumnya khususnya dalam implementasi metode pembelajaran inovatif yang diintegrasikan dengan penggunaan media berbasis teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Teknologi Informasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 05 Aug 2020 00:47
Last Modified: 05 Aug 2020 00:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item