Penggunaan Video Tutorial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Ibadah Salat pada Peserta Didik SDN Palita Patampanua Kabupaten Pinrang (Classroom Action Recearch)

Bustan, Bustan (2020) Penggunaan Video Tutorial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Ibadah Salat pada Peserta Didik SDN Palita Patampanua Kabupaten Pinrang (Classroom Action Recearch). Masters thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
18.0211.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini salah satu solusi yang dipilih untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Palita Patampanua Kabupaten Pinrang yaitu Penggunan Video Tutorial sebagai media pembelajaran.

Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di mana implementasi penggunaan video tutorial dirancang 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes evaluasi berupa non tes untuk mendapatkan data mengenai hasil belajar peserta didik. Data hasil observasi selama pemberian tindakan dan wawancara akan dianalisis secara kualitatif deskriptif, sedangkan data tentang hasil belajar akan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif yaitu rata-rata, persentase dan ketuntasan belajar individu dan klasikal yang dicapai peserta didik.

Hasil penelitian pada keenam aspek penilaian, aspek kehadiran peserta didik berada pada kategori sangat baik yaitu siklus I mencapai 100% dan siklus II mencapai 100%. Aspek perhatian peserta didik saat guru menjelaskan pada siklus I 85% dan pada siklus II naik menjadi 100%, Aspek peserta didik mencatat materi pada siklus I 0% dan pada siklus II naik menjadi 100%, Aspek peserta didik menyelesaikan latihan, siklus I 75% dan pada siklus II naik menjadi 100%, Aspek peserta didik yang aktif bertanya siklus I 0% dan pada siklus II 70%, Aspek peserta didik yang bersemangat saat menggunakan video tutorial siklus I 85%, dan pada siklus II naik menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar pada materi praktik ibadah salat pada peserta didik kelas II SDN Palita Patampanua Kabupaten Pinrang pada keenam aspek , maka penggunaan video tutorial dinilai efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi praktik ibadah salat. Hasil nilai rata-rata terhadap hasil belajar tes pra siklus terhadap hasil belajar yaitu 66,50 pada siklus I menjadi 73,00 terjadi peningkatan sebesar 6,5% dan pada siklus II, menjadi 83,55 terjadi peningkatan sebesar 10,55%. Pada ketuntasan individu peserta didik juga mengalami peningkatan di mana pada pra siklus 66,5% dan siklus I sebesar 73% terjadi peningkatan sebesar 6,5% dan siklus II sebesar 83,55% terjadi peningkatan sebesar 10,55%. Selanjutnya ketuntasan belajar secara klasikal, pra siklus sebesar 30% dan siklus I sebesar 60% terjadi peningkatan sebesar 30% dan siklus II sebesar 100% terjadi peningkatan sebesar 40%. Peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan. Jadi penggunaan video tutorial baik untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Video Tutorial , Hasil Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Aug 2020 23:21
Last Modified: 04 Aug 2020 23:21
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item View Item