Manajemen Pelayanan Pegawai Terhadap Masyarakat pada Kantor Kementerian Agama Kota Parepare

Hasriyanti, Hasriyanti (2019) Manajemen Pelayanan Pegawai Terhadap Masyarakat pada Kantor Kementerian Agama Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15.3300.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada Manajemen Pelayanan Pegawai Terhadap Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Pelayanan yang baik dan Proses Pelayanan yang dilakukan pegawai terhadap masyarakat pada Kantor Kementerian Agama Kota Parepare

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata atau tindakan baik secara lisan maupun tertulis. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis induktif. Untuk menguji keabsahan data dilakukuan melalui triangulasi, triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi teori.

Hasil penelitian menjukkan bahwa Pegawai sudah menerapkan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dan menerapkan nilai-nilai budaya kantor dalam memberikan suatu pelayanan. Agar pendekatan antara pegawai dengan masyarakat lebih akrab dan masyarakat tidak malu bertanya ketika ingin meminta pertolongan. Tetapi tidak semuanya pegawai ramah dalam melayani masyarakat karena sebagian juga pegawai kurang disiplin dalam kinerja yang dilakukan sehingga berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat. Mengenai SOP ( standar operasional prosedur) pegawai pada seksi Umum dan Bimas tidak menerapkan SOP dan memang diseksi itu melayani seadanya saja tanpa adanya SOP yang diterapkan. kecuali pada bagian seksi Haji dan Umrah sudah ada SOP yang diterapkan. Tetapi sebagian besar juga masyarakat merasa puas dalam pelayanan yang diberikan dan sudah menerapkan sistem pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan pegawai
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Jul 2020 00:35
Last Modified: 30 Jul 2020 00:35
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item