Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Barru

Ramlah, Ramlah (2020) Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15.1100.177.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam adalah usaha untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengarahan atau latihan, dalam rangka mengembangkan potensi fitrah peserta didik untuk mencapai kepribadian Islam berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Sehingga dalam upaya membentuk karakter peserta didik yang berjiwa islami.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 4 Barru
Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 1 bulan. Dengan menggunakan jenis penelitian field research dengan dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi kepriabdian guru pendidikan agama Islam termasuk dalam kategori sangat baik dengan angka prestasi yaitu 90.09%; (2) pembentukan karakter peserta didik termasuk dalam kategori cukup dengan angka prestasi 73.30%; (3) terdapat pengaruh antara kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 4 Barru. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan manual menunjukkan nilai thitung = 2.468 >ttabel 2.004 dan nilai R square sebesar 0.100. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam (X) terhadap pembentukan karakter peserta didik (Y) sebesar 100% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:01
Last Modified: 23 Jul 2020 03:01
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item