Sughiana, Ryzkha (2018) Penerapan Terapi Applied Behavior Analysis (ABA) dalam Mengatasi Emosi Negatif Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.3200.062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah tentang penerapan atau proses terapi Applied Behavior Analysis (ABA) di Sekolah Luar Biasa Negeri Parepare dalam mengatasi respon emosi negatif anak autis, dengan sub masalah yaitu dengan mengetahui repon emosi negatif apa yang sering muncul dalam diri anak autis dan bagaimana proses dalam mengatasi emosi tersebut dengan menggunakan terapi ABA dan bagaimana hasil yang didapatkan setelah terapi ABA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dalam mengumpulkan data menggunakan teknik Observasi, wawancara dan kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk emosi negatif anak autis yang dimiliki semua anak autis di SLB Negeri Parepare seperti Marah, menangis, dan juga ketakutan. Respon emosi yang diperlihatkan berbagai macam mulai dari melukai diri, melukai gurunya, merusak barang dan juga merespon emosi pada sesuatu yang sebenarnya tidak perlu. Namun mereka memiliki perbedaan dalam merespon emosi tersebut dikarenakan perbedaan golongan antara yang pasif dan hiperaktif. Untuk menghilangkan perilaku emosional yang tidak tepat tersebut dalam terapi Applied Behavior Analysis digunakan teknik seperti mengunci badan, teknik kontak mata dan kepatuhan dan teknik gambar ekspresi wajah yang berfokus pada pengendalian emosi dan pembelajaran tentang cara merespon yang benar. Selain itu sikap , sifat terapis dan makanan yang diberikan kepada anak autis juga menjadi faktor penentu terjadinya perubahan terhadap anak autis selama proses terapi. Hasil penerapan terapi ABA ini pun menunjukkan bahwa terapi ABA ini sangat efektif dalam mengatasi respon emosi negatif anak autis, di mana setelah terapi anak lebih mudah dikendalikan dalam hal emosi dan anak juga mampu mengendalikan emosinya serta mampu merespon emosi orang disekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emosi Negatif, Anak Autis, Terapi ABA
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Jul 2020 03:33
Last Modified: 17 Jul 2020 03:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item View Item