Zulfiah, Zulfiah (2020) Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
16.0211.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 2 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Kedisiplinan Peserta didik dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 2 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional dengan regresi linier berganda. Jumlah sampel dalam penelitian ini 110 peserta didik, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Tingkat kecerdasan Intelektual peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Parepare termasuk dalam kategori di atas rata-rata berdasarkan klasifikasi IQ Alfred Binet yaitu dengan nilai 110. Sedangkan Tingkat Kecerdasan Emosional peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Parepare termasuk dalam kategori tinggi yang diperoleh dari hasil penelitian 6439:7920=81,3%. 2) Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Parepare termasuk dalam kategori tinggi dari hasil penelitian 6007:7040=85,3%. 3) Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMP negeri 2 Parepare dengan nilai Fhitung 22,732 > Ftabel 3,08 sehingga berpengaruh secara signifikan dengan koefisien determinasi yang diperoleh 0,298 atau 29,8%, yang berarti bahwa sumbangsi variabel kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional sebesar 29,8% dan 70,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kedisiplinan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:42
Last Modified: 10 Jul 2020 02:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item