Persepsi dan Respon Masyarakat terhadap Layanan BRILink Di Desa Mattunru-tunrue Kabupaten Pinrang (Analisis Perbankan Syariah)

Herna K, Herna K (2020) Persepsi dan Respon Masyarakat terhadap Layanan BRILink Di Desa Mattunru-tunrue Kabupaten Pinrang (Analisis Perbankan Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fullteks)
15.2300.045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi di Desa Mattunru-tunrue, dengan adanya layanan BRILink tidak menjamin bahwa masyarakat tahu dan langsung menggunakan layanan BRILink untuk melakukan transaksi perbankan. Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat mulai menyadari akan kelebihan dari layanan BRILink. Salah satunya karena jarak tempat tinggal dengan bank cukup jauh.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan fenomenologi, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1) layanan BRILink di Desa Mattunru-tunrue 2) persepsi dan respon masyarakat terhadap layanan BRILink di Desa Mattunru-tunrue 3) prinsip perbankan syariah
terhadap layanan BRILink di Desa Mattunru-tunrue.

Hasil Penelitian menunjukkan: 1 Layanan BRILink di Desa Mattunru-tunrue yaitu layanan Mini ATM BRI yang jenis transaksinya berupa Transfer, Cek Saldo, Penarikan Tunai, Pembelian Voucer Listrik, Pembayaran Tagihan Wifi, Pembelian Pulsa, dan Pembelian Pupuk. Layanannya sesuai SOP yang disampaikan dari Pihak BRI 2) BRILink ini dapat memudahkan dan mempercepat ketika masyarakat ingin melakukan transaksi perbankan. Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke bank dengan menghabiskan biaya dan waktu untuk melakukan transaksi. 3) Layanan BRILink di desa Mattunru-tunrue sudah memenuhi prinsip-prinsip perbankan syariah dalam melayani nasabah yaitu AI-hurriyah (kebebasan), Al-musâwah (persamaan atau kesetaraan), Al-'adâlah (keadilan), Al-Ridhâ (kerelaan, rida sama rida), Al-shidq (kejujuran dan kebenaran), dan AI-kitâbah (tertulis).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Respon, Layanan BRILink
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:38
Last Modified: 07 Jul 2020 02:38
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item