Strategi Pemasaran terhadap Persaingan Bisnis Udang di Kec. Suppa Kab. Pinrang (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)

Fahrizal, Fahrizal (2020) Strategi Pemasaran terhadap Persaingan Bisnis Udang di Kec. Suppa Kab. Pinrang (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.2200.057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah yang akan dibahas penulis atau peneliti dalam skripsi ini adalah bagaiman strategi pemasaran dalam melayani pelanggan, bagaiman persaingan yang dihadapi pedagang, dan bagaimana strategi pemasaran pedagang terhadap persaingan bisnis berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan normatif. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persaingan para pedagang udang yaitu dari segi harga dan bisa dikatakan persaingan tersebut sehat, karena tidak ada pedagang yang merasa dirugikan ataupun melakukan praktik-praktik yang menyimpang dengan aturan Islam. 2) Strategi pemasaran dalam melayani pelanggan seperti tidak memilih-milih pelanggan, memberikan udang dengan kualitas terbaik dan langsung mengantarkannya kepada pemesan. Selain itu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan bersikap ramah serta konsep pemasaran yang telah sesuai dengan konsep pemasaran pada umumnya. 3) Dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah sudah dijalankan dengan cukup baik, seperti bersaing dengan sehat tanpa ada yang dirugikan, setiap melakukan transaksi dengan selalu bersikap jujur, percaya dan selalu bekerja sama, serta memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih pedagang yang diinginkan tanpa memaksa dan berbuat curang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Persaingan Bisnis, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Jun 2020 08:05
Last Modified: 19 Jun 2020 08:05
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item