Fitriah, Fitriah (2018) Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs DDI Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi dan terpenting dimiliki oleh manusia atau potensi yang harus ditumbuhkan dalam diri manusia melalui dorongan keimanan dan keyakinan kepada Allah Swt. yang bersifat fitrah. Mata pelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik adalah Akidah Akhlak karena mata pelajaran tersebut sangat erat kaitannya dengan kecerdasan spiritual. Guru Akidah Akhlak di Madrasah tidak hanya dituntut memberikan materi yang terkait dengan mata pelajaran Akidah Akhlak, tetapi juga dituntut untuk dapat mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik dengan cara memadukannya dalam proses pembelajaran. Hal inilah sehingga penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs DDI Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yakni suatu analisis data yang pola pengembangannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya secara umum terkait dengan masalah yang diteliti dengan mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kecerdasan spiritual peserta didik masih dalam proses pengembangan karena sudah terdapat beberapa peserta didik yang mempunyai kecerdasan spiritual dalam dirinya. Guru mata pelajaran Akidah Akhlak terus berusaha mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik dengan cara mewajibkan kepada peserta didik untuk ikut serta dalam beberapa kegiatan rutinitas yang berciri khas Islam. Pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik dilakukan dengan cara bekerjasama dengan semua guru di Madrasah tersebut dalam rangka pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik agar visi dari madrasah dapat terwujud yakni membentuk generasi yang terdepan dalam prestasi, berakhlakul karimah dan berciri khas Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Spiritual, Akidah Akhlak dan Peserta didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 29 May 2020 08:40 |
Last Modified: | 29 May 2020 08:40 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1311 |
Actions (login required)
View Item |