Amirullah, Hamzah (2018) Pengaruh penghayatan sholat duha berjamaah terhadap kedisiplinan belajar peserta didik MAN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penghayatan sholat duha terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Penghayatan sholat duha berjamaah merupakan proses menghayati, atau mendalami serta menjiwai sholatduha yang dilaksanakan berjamaah secara rutin setiap hari jumat pukul 07.00 di MAN 1 Parepare. Dengan mengahayati serta mendalami sholat duha tersebut akan menciptakan sebuah karakter terkhususnya kedisiplinan dari diri seseorang yang akan bermanfaat bagi dirinya. Kedisiplinan belajar merupakan suatu sikap, tingkah laku dan perbuatan peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan keputusan-keputusan, peraturan-peraturan dan norma-norma yang telah ditetapkan bersama, baik persetujuan tertulis maupun tidak tertulis antara siswa dengan guru di sekolah maupun dengan orang tua di rumah. Dengan kata lain, kedisiplinan ini terkait dengan karakter yang dimiliki oleh peserta didik dalam mengatur pembelajarannya sendiri, dimulai dari waktu, kebiasaan dalam belajar, serta manaati peraturan dalam kelas maupun sekolah. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dan desain penelitiannya kuatintatif korelasional. Sampel penelitian menggunakan random sampling yakni pemilihan sampel secara acak yang berjumlah 67 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistis desktriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 2.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penghayatan sholat duha berjamaah peserta didik MAN 1 Parepare yang dibuktikan menganalisis angket yang berjumlah 67 responden berada pada kategori tinggi yaitu. 85.90%. (2) kedisiplinan belajar peserta didik MAN 1 parepare yang dibuktikan dari analisis angket yang berjumlah 67 responden berada pada kategori tinggi yaitu 83.20%.(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara penghayatan sholat duha berjamaah terhadap kedisiplinan belajar peserta didik MAN 1 parepare. Hal ini diketahui dari hasil pengujian person correlations dengan nilai signifikan 0.000 ≤ 0.05. Hasil analisis person corelationnya sebesar 0.643 atau 64.30% berada pada tingkat hubungan kuat yakni antara 0.60–0.799.(4)Terdapat pengaruh yang signifikan antara penghayatan sholat duha terhadap kedisiplinan belajar peserta didik MAN 1 Parepare. Hal ini diketahui dari hasil pengujian uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasinya sebesar 41.3% maka besarnya kontribusi (sumbangan) penghayatan sholat duha berjamaah terhadap kedisiplinan belajar peserta didik MAN 1 Parepare adalah 41,3% sedangkan sisanya sebesar (58,7%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sholat duha, kedisiplinan belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 26 May 2020 08:11
Last Modified: 26 May 2020 08:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item