Khairuddin, Khairuddin (2018) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Metode Resitasi merupakan metode yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan memberikan tugas kepada mereka agar melakukan kegiatan belajar dengan rentang waktu tertentu dan hasilnya harus dipertanggungjawabkan kepada pendidik. Kemandirian belajar peserta didik merupakan sikap dan perilaku yang dimiliki peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar secara aktif, tidak mudah tergantung pada orang lain, dan mampu mengontrol proses belajarnya serta bertanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Parepare. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Metode resitasi kelas XI pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Parepare berada pada kategori baik yaitu 81.07% dari kriteria yang ditetapkan. (2) Kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Parepare berada pada kategori baik yaitu 75.85% dari kriteria yang ditetapkan. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Parepare yang dibuktikan melalui hasil uji korelasi pearson product moment dengan menggunakan program IBM SPSS statistics versi 21 dengan nilai sig. 0.002 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, adapun besaran pengaruh metode resitasi terhadap kemandirian belajar peserta didik dari hasil koeifisien korelasi sebesar 7.29%, dalam artian bahwa 92.71% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Kemandirian Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 May 2020 13:13
Last Modified: 22 May 2020 13:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item