Jusman, Jusman (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik di SMP Negeri 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan spiritual membantu seseorang untuk menemukan makna hidup dan kebahagiaan. Karena itu kecerdasan spiritual dianggap sebagai kecerdasan yang paling penting dalam kehidupan. Kebahagaian dan menemukan makna kehidupan merupakan tujuan utama setiap orang. Kecerdasan seseorang dapat ditunjukkan dalam tingkah lakunya sehari-hari. Dengan memiliki kecerdasan spiritual siswa dapat mengetahui mana yang baik dan buruk. Kecerdasan ini mengarahkan seseorang pada prilaku yang baik. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk menelti sejau mana guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 3 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu dari guru PAI, kepala sekolah serta peserta didik dan sumber data sekunder yaitu dari bubu-buku, jurnal. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1), faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu faktor pendukung terdiri dari adanya kerja sama antara guru pendidikan agama Islam dengan kepala sekolah, guru-guru mata pelajaran yang lain serta undang-undang dan visi misi sekolah. Faktor penghambat kurangnya kesadaran orang tua dalam memberikan pengawasan maupun bimbingan kepada anaknya dan kurangnya program sekolah yang langsung menekankan pada pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik. (2),Tingkat kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Negeri 3 Parepare cukup tinggi dilihat dari cara mereka bersosialisasi atau beradaptasi dengan teman-temannya maupun dengan guru, respon mereka terhadapi persoalan yang terjadi disekitarnya sangat baik. Namun ketika dilihat dari sisi kemampuan untuk mengenali dirinya apalagi memiliki visi misi hidup untuk masa yang akan datang maka bisa dikatan masih rendah. (3), peran yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual pada peserta didik di SMP Negeri 3 Parepare terdiri dari peran sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengelola kelas, motivator dan evaluator semua sudah dilakukan tinggal kesadaran dari peserta didik untuk mengaplikasikan apa yang sudah diterimah dari guru-gurunya disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Kecerdasan Spritual, Peserta Didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 11 May 2020 02:55 |
Last Modified: | 11 May 2020 02:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1279 |
Actions (login required)
View Item |