Sartika, Sartika (2018) Korelasi Antara Penghayatan Nilai-Nilai Ibadah Sholat Lima Waktu Dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Shalat adalah salah satu ibadah fardhu( wajib) yang diantaranya yang ditunaikan seorang hamba muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Shalat juga merupakan sarana penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Mendirikan shalat berarti mencerminkan keimanan sebagai tanda syiar agama dan sebagai tanda syukur kepada Allah swt. Sedangkan pelajaran fiqih salah satu bagian mata pelajaran pendidikan agama islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal,memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum islam.Kedisiplinan adalah bagian yang sangat kuat dari proses pembelajaran karana keberhasilan peserta didik dalam studinya di pengaruhi oleh cara belajarnya. Belajar secara efektif dan efisien dapat dilakukan peserta didik yang berdisiplin. Karena peserta didik yang memiliki disiplin dalam belajarnya akan berusaha mengatur dan menggunakan strategi dan cara yang tepat baginya. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 90 responden dari 179 populasi. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskrifrif dengan menggunakan rumus person product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penghayatan nilai-nilai ibadah peserta didik di MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa berada di kategori sedang, yaitu 74% dari 100% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket 90 responden. (2) Kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa berada di kategori tinggi, yaitu 82% dari 100% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket 90 responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penghayatan Nilai, Kedisiplinan, Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Apr 2020 22:54
Last Modified: 30 Apr 2020 22:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item