Nugrah, Nugrah (2019) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab MTs DDI Kanang Kabupaten Polman. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab MTs DDI Kanang Kab. Polman serta pendekatan saintifik yang diterapkan di madrasah tersebut. Penelitian ini menjadi salah satu informasi terkait kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan mengambil objek di MTs DDI Kanang Kab. Polman. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan pendidik bahasa Arab. Analisis data dilakukan dengan cara deduktif yaitu penganalisaan data yang bertitik tolak pada fakta-fakta yang bersifat umum kemudian disimpulkan secara khusus. Dalam perencanaan pendidik bahasa Arab sudah menyiapkan SILABUS dan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam proses pelaksanaan sudah sesuai dengan prosedur kurikulum 2013. Sedangkan dalam proses evaluasi pendidik sudah menggunakan penilaian autentik (Authentic Assesment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik atas tiga ranah yang dinilai, yaitu penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan. Dalam proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu dengan menggunakan pendekatan ilmiah atau saintifik (Schintific Approach) sebagaimana yang dimaksud dengan meliputi: Mengamati, Menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Sehinggah dengan proses pembelajaran dapat lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum 2013 dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab MTs DDI Kanang Kab. Polman terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran, MTs DDI Kanang
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Apr 2020 08:32
Last Modified: 09 Apr 2020 08:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item