Wildayanti, Wildayanti (2019) Pengembagan kecerdasan Emosional Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Peserta Didik di SMP Negeri 1 Cempa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengontrol dan memahami perasaan sendiri dan perasaan orang lain sehingga ketika dihadapkan pada kondisi yang meransang munculnya emosi, emosi yang muncul dapat tersampaikan dan tersalurkan dengan baik, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan untuk mengembangkan kepribadian, bakat dan minat peserta didik yang dilakukan diluar jam pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengembangan kecerdasan emosional melalui kegiatan ektrakurikuler peserta didik di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian kualtatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya (1). Tingkat kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 1 Cempa secara keseluruhan dapat dikategorikan baik walaupun masih ada beberapa peserta didik yang kurang dalam aspek kemampuan mengontrol emosi dan kepercayaan diri (2). Pola kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan PMR di SMP Negeri 1 Cempa terdiri dari kegiatan pemberian materi, latihan, praktek dan perlombaan (3). Pengembangan kecerdasan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan PMR di SMP Negeri 1 Cempa membawa pengaruh yang cukup baik dalam aspek peningkatan kecerdasan emosional peserta didik, sebagian besar peserta didik merasakan ada peningkatan dalam hal kemampuan mengontrol dan mengekspresikan emosi, memotivasi diri, empati maupun kemampuan membina hubungan dan kerjasama dengan orang lain setelah mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kegiatan Ekstrakurikuler
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Apr 2020 01:27
Last Modified: 07 Apr 2020 01:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item