Hasmi, Hasfian (2019) Perilaku Pedagang Tas Imitasi di Pasar Senggol Kota Parepare (Analisis Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2200.078.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdagang merupakan salah satu pintu rezeki, bahkan Rasulullah Saw sendiri adalah seorang pedagang yang dapat dijadikan panutan oleh umat manusia. Maka dari itu dalam berdagang terdapat beberapa prinsip etika bisnis Islam, yakni kebenaran, kesatuan, kehendak bebas, keseimbangan dan tanggung jawab. Seiring pergantian zaman, kebutuhan manusia pun semakin meningkat, salah satunya dari segi penampilan atau fashion. Sebagai makhluk sosial manusia memiliki sifat ingin diperhatikan apalagi dalam hal berpenampilan. Tas merupakan salah satu barang yang sangat penting dalam menunjang penampilan seseorang serta berfungsi sebagai alat untuk menyimpan barang-barang penting saat berpergian. Tas yang memiliki merek terkenal juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi atau biasa disebut tas branded. Karena harganya yang sangat mahal, tak sedikit orang yang memproduksi tas imitasi yang harganya jauh lebih murah dari pada aslinya sehingga sangat banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini sering menjadi permasalahan karena perilaku pedagang yang terkadang menjual tas tidak sesuai harga dengan tingkat kualitas bahan tas tersebut. Sehingga perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai perilaku pedagang tas imitasi di pasar senggol Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:1) berdasarkan teori perilaku pedagang tas di pasar senggol Kota Parepare terjadi karena adanya faktor kebutuhan pembeli yang sangat berminat terhadap tas imitasi karena harganya jauh lebih murah dibandingkan tas aslinya. Selain itu juga faktor kebutuhan terhadap pedagang yang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan tas imitasi tersebut. 2) Perilaku pedagang tas imitasi di pasar senggol Kota Parepare sebagian telah menerapkan etika bisnis Islam dan sebagian yang lain belum menerapkan prinsip etika bisnis Islam. Hal ini karena masih ada di antara perilaku pedagang tas imitasi yang tidak bertanggung jawab atas kecacatan tas yang dijualnya sehingga pembeli merasa dirugikan. Hal itu karena masih banyak pedagang yang kurang mengetahui hukum jual beli tas imitasi dalam Islam kebanyakan dari mereka berdagang hanya atas dasar kebutuhan saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teori Perilaku, Pedagang Tas Imitasi, Etika Bisnis Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Mar 2020 07:57
Last Modified: 30 Mar 2020 07:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item