Persaingan Pedagang Kosmetik terhadap Penetapan Harga Produk di Pasar Sentral Pinrang (Perspektif Etika Bisnis Islam)

Widiarli, Uun (2020) Persaingan Pedagang Kosmetik terhadap Penetapan Harga Produk di Pasar Sentral Pinrang (Perspektif Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.2200.037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Persaingan dalam penjualan kosmetik bukan hanya antara penjual yang bertempat di pasar. Hal ini karenakan semakin berkembangnya teknologi, penjualan kosmetik pun dilakukan secara online. Penjualan secara online juga merupakan salah satu bentuk persaingan usaha kosmetik melalui metode penjualan yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut, penulis bermaksud untuk melakukan penelitian terhadap penetapan harga kosmetik yang terjadi di pasar sentral Kabupaten Pinrang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penetapan harga di pasar sentral Pinrang. Persaingan pedagang dalam menetapkan harga produk kosmetik di pasar sentral Pinrang. Serta perspektif etika bisnis Islam terhadap persaingan pedagang di pasar sentral Pinrang.Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penetapan harga di Pasar Sentral Pinrang didasarkan pada modal awal, biaya-biaya lainnya, tawar menawar serta kualitas kosmetik yang dijual.Para penjual kosmetik di Pasar Sentral dalam melakukan usahanya, mereka memahami secara mendetail setiap produk yang mereka miliki. Tidak semua produk yang mereka tawarkan sama. Persaingan yang terjadi pada penjual kosmetik di Pasar Sentral Pinrang sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yang ada hal ini berdasarkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yang telah diterapkan oleh penjual kosmetik di Pasar Sentral Pinrang. Hal ini berdasarkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yaitu konsepke-Tuhanan, amanat dan adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persaingan, Penetapanharga, danEtikaBisnis Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:02
Last Modified: 19 Mar 2020 02:02
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item