Implementasi Manajemen Pengendalian Mutu Bidang Bimbingan Peserta Didik: Studi Kasus Pada MAN 1 Parepare

Halik, Abdul (2017) Implementasi Manajemen Pengendalian Mutu Bidang Bimbingan Peserta Didik: Studi Kasus Pada MAN 1 Parepare. In: Seminar Nasional Pendidikan, 28 Oktober 2017, Polewali Mandar Sulbar.

[img]
Preview
Text (Full text)
PROSIDING SEMNAS PENDIDIKAN SULBAR 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Generasi muda pada usia sekolah menghadapi tantangan yang besar, baik secara internal maupun eksternal. Tantangan tersebut membutuhkan penanganan massif, professional, rasional, terukur, dan akuntabel. Tujuan penelitian ini adalah memenej pengendalian mutu bidang bimbingan peserta didik, meminimalisir hambaran manajemen pengendalian mutu pada bidang bidang bimbingan peserta didik, dan menformulasi konsep aplikatif pelaksanaan manajemen pengendalian mutu bidang bimbingan peserta didik pada MAN 1 Parepare. Metode penelitian ini adalah studi kasus, objek MAN 1 Parepare, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumen, triangulasi, dan FGD. Teknik analisis data adalah identifikasi dan reduksi data, analisis, verifikasi dan kesimpulan. Penelitian ini adalah MAN 1 Parepare belum menerapkan manajemen pengendalian mutu bimbingan dan konseling peserta didik.
Hambatan implementasi manajemen pengendalian mutu adalah sumber daya manusia yang terbatas, infrastruktur yang belum memadai, anggaran yang terbatas, peserta didik yang tidak kompetitif, dukungan eskternal yang rendah, dan kemitraan yang terbatas. Kontruks implementasi manajemen pengendalian mutu bidang bimbingan dan konseling peserta didik di MAN 1 Parepare adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dalam pengendalian mutu, diawali dengan ketersediaan sistem baku mutu, prosedur mutu, audit mutu, kendali mutu. Syarat institusi penerapan manajemen pengendalian mutu adalah adanya political will dari kepala madrasah, komitmen dan kebersamaan sumber daya manusia, infrastruktur yang terpenuhi, anggaran yang cukup, dan kemitraan yang luas.

Item Type: Conference (Paper)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pengendalian, mutu, guru, madrasah.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:02
Last Modified: 06 Feb 2020 03:20
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item