Hasmiana, Hasmiana (2018) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di BNI Syariah KC Mikro Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2300.042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Bank syariah harus melakukan CSR seperti yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas sebagai bagian dari kegiatan bisnis utamanya yang berarti dilaksanakan sebaik-baiknya dengan tujuan sustainability bank syariah, lingkungan dan komunitas di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) di Bank BNI Syariah KC Mikro Parepare dan menganalisis persepsi masyarakat terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) di BNI Syariah KC Mikro Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research) agar lebih mudah mendeskripsikan persepsi masyarakat mengenai CSR oleh BNI Syariah KC Mikro Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) di BNI Syariah merupakan salah satu upaya BNI Syariah dalam menjalankan visinya yaitu Memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan peduli pada kelestarian lingkungan. BNI Syariah menjadikan CSR sebagai kegiatan sosial yang sifatnya sukarela dengan tujuan semata-mata untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat luas khususnya Kota Parepare. Persepsi masyarakat Kota Parepare khususnya beberapa Panti Asuhan mengenai CSR BNI Syariah bahwa mereka sangat menyambut baik setiap kegiatan dan bantuan yang diberikan oleh BNI Syariah setiap tahun. Untuk meningkatkan minat masyarakat melalui CSR, BNI Syariah tidak menjadikan CSR sebagai alat untuk menarik minat masyarakat, akan tetapi hanya sebagai kegiatan sosial yang sifatnya sukarela.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CSR BNI Syariah, Persepsi Masyarakat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:13
Last Modified: 29 Jan 2020 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item