Riska, Riska (2018) Pengaruh Kualitas Hubungan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi di Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2300.089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena persaingan di industri perbankan guna memperoleh loyalitas nasabah. Dalam hal ini, cukup banyaknya bank-bank khususnya di daerah Pinrang, membuat Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang sebagai bank baru yang berbasis syariah perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas hubungan guna menjaga nasabahnya untuk tetap loyal bahkan menambah jumlah nasabahnya. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui apakah kualitas hubungan yang terdiri kepercayaan, kepuasan, persepsi nilai, komunikasi dan ikatan sosial berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dan variabel manakah yang paling dominan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas hubungan (kepercayaan, kepuasan, persepsi nilai, komunikasi dan ikatan sosial) terhadap loyalitas nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode analisis linear berganda, juga dilakukan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan software SPSS 18.00 for windows. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampel sebanyak 90 responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Persamaan regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Y = 1,140 + 0,288X1+ 0,340X2+ 0,016X3+ 0,275X4+ 0,011X5. Hasil pengujian secara simultan (uji F) kualitas hubungan yang terdiri dari kepercayaan (X1), kepuasan (X2), persepsi (X3), komunikasi(X4) , ikatan sosial (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.. Kemudian, hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kepuasan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah di Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Pinrang, hal ini terlihat dengan nilai signifikansi yang lebih kecil sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Hubungan (kepercayaan, kepuasan, persepsi nilai, komunikasi, ikatan sosial) dan Loyalitas Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:07
Last Modified: 17 Jan 2020 01:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item