Layanan Bimbingan Konseling Islam Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMA Negeri 7 Enrekang

Asmul, Nurindah Anugrawati (2019) Layanan Bimbingan Konseling Islam Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMA Negeri 7 Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3200.043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Meningkatkan kepercayaan diri pada siswa adalah sesuatu yang sangat penting dikarenakan kepercayaan diri merupakan aspek yang sangat penting terhadap kepribadian siswa terutama bagi siswa yang menjadi korban bullying. Permasalahan dari (1) bagaimana bentuk layanan bimbingan konseling bagi siswa korban bullying di SMA Negeri 7 Enrekang, dan (2) bagaimana layanan bimbingan konseling terhadap tingkat kepercayaan diri siswa korban bullying di SMA Negeri 7 Enrekang. Hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat korban bullying di SMA Negeri 7 Enrekang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk layanan bimbingan konseling islam bagi siswa korban bullying di SMA Negeri 7 Enrekang dan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan konseling islam terhadap tingkat kepercayaan diri siswa korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, mengamati dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis induktif, artinya data yang diperoleh di lapangan secara khusus kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat umum.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk layanan yang diberikan kepada siswa korban bullying berupa bimbingan konseling kelompok dan bimbingan konseling individu yang bertujuan untuk membantu siswa mengatasi masalahnya dengan tahap-tahap yang berbeda. (2) layanan bimbingan konseling kelompok dan layanan bimbingan konseling individu dengan pendekatan gestalt terapi dengan teknik permainan dialog, berkeliling dan teknik pembalikan dimana fokus utama terapi gestalt adalah terletak pada bagaimana keadaan siswa sekarang serta hambatan-hambatan apa yang muncul dalam kesadarannya. gestalt merupakan bentuk terapi yang eksistensial yang berfokus terhadap individu-individu atau dalam hal ini siswa-siswa korban bullying untuk menemuka jalan hidupnya dan menerima tanggung jawab pribadi serta meningkatkan kepercayaan diri, kini berhasil dilakukan oleh siswa korban bullying tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bentuk layanan, Bullying, dan Tingkat kepercayaan diri
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:30
Last Modified: 16 Jan 2020 06:30
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item